Sabtu, 10 Oktober 2015

Biologi

1.    Proses apa yang menjelaskan penyerapan air lewat membran permukaan sel dari semua sel hidup? Osmosis
Osmosis adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer.

2.    Ingat difusi sederhana gas-gas yang terlibat dalam pernapasan. Kenapa mempertahankan gradien konsentrasi itu penting? Oksigen harus masuk, karbon dioksida keluar
Pada pernapasan, glukosa dioksidasi dan energi karbon dioksida serta air diproses pada proses itu. Karbon dioksida adalah gas buangan. Difusi membutuhkan gradien konsentrasi. Jadi karena oksigen yang digunakan di sana merupakan gas dengan konsentrasi terendah dalam sel jadi bisa dimasukkan lewat membran. 
Saat bersamaan, diproduksi karbon dioksida. Konsentrasinya dalam sel meningkat jadi bisa dikeluarkan lewat membran. Ini adalah contoh pertukaran gas. Mempertahankan gradien konsentrasi untuk masing-masing memastikan kalau tiap gas mengalir dengan arah yang berbeda.

3.    Pada hewan, mengapa penting untuk mempertahankan potensi air yang sama di tiap sisi membran sel? Sel bisa menyusut atau meledak
Jika potensi air yang mengelilingi sel tinggi, akan ada aliran jala molekul air ke dalam sel dan sel itu akan meledak . JIka situasinya dibalik, sel akan kehilangan air, menyusut dan metabolismenya perlahan melambat

4.    Dua proses apa yang difasilitasi oleh bagian hidrofilik membran (menjadikan lebih mudah atau memungkinkan untuk terjadi)? Katalis dan transpor
Terdapat ribuan ragam protein masing-masing punya fungsi tersendiri. Sejauh berhubungan dengan membran beberapa protein memfasilitasi transpor zat ke seluruh membran dengan menciptakan jalur untuk lintasan zat tersebut. Enzim-enzim ada untuk meng-katalis reaksi biokimia, yang memungkinkan zat-zat lain masuk atau keluar sel. Sintesis terjadi di ribosom dan antigen dilibatkan dalam sistem kekebalan.

5.    Pada model mosaik zalir membran sel, kenapa membran disebut bipolar?
Polaritas terkait dengan distribusi muatan dan karenanya, seberapa hidrofobik atau hidrofilik suatu zat. Pada membran bipolar, terdapat komponan polar hidrofilik, yang membentuk matriks internal membran. Komponen hidrofobik non polar membentuk batas dalam dan luar membran sel

6.    Fibrosis sistik adalah penyakit genetik yang diturunkan yang muncul karena lintasan normal ion-ion klorida ke seluruh membran sel terganggu. Proses mana yang terpengaruh?
Sintesis protein dimulai di nukleus dan berlanjut di ribosom. Osmosis hanya terkait dengan aliran molekul air. Proses ini jauh lebih kompleks dari difusi terkendali. Tapi protein CTFR yang terganggu tidak berfungsi seperti adanya dan tipe difusi ini yang terganggu, yang memiliki dampak besar pada fungsi sel, karenanya, orang tersebut terserang. 

7.    Pada model mosaik zalir, apa fungsi membran bipolar? Melindungi dan mengatur tranpor

8.    Bagian lain sel hewan mana yang bisa memiliki lapisan hidrofobik? Fosfolipid
Antara nukleus dan sitoplasma terdapat batas lipid hidrofobik yang jauh lebih tipis, yang mencegah terjadinya interaksi antara sitoplasma dan organelnya dengan asam nukleat dan zat-zat lain yang dimilikinya.

9.    Mengacu pada teks tema, dengan proses apa sel-sel seperti mikrovili menggunakan energi yang diperoleh dari pernapasan guna menyerap zat yang dicerna?Transpor aktif adalah proses dimana zat-zat bergerak melawan gradien konsentrasi. Mikrovili terletak dalam usus kecil dan meningkatkan luas permukaannya, karenanya, tukar permukaan bagi molekul-molekul glukosa. 
Gradien konsentrasi adalah seperti perkiraan kita akan aliran molekul glukosa ke dalam usus kecil; namun kenyataannya terjadi hal sebaliknya. Ini hanya mungkin dengan transpor aktif, yang menggunakan energi yang diperoleh dari pernapasan untuk menghentikan aliran molekul glukosa ke dalam usus kecil.

10.  Kenapa semua sel Eukariota makhluk hidup (tumbuhan dan hewan) punya zalir lapisan jaringan yang tipis yang mengelilingi membran sel? Lingkungan pertukaran zalir

Zalir jaringan mengandung semua zat terlarut seperti glukosa atau oksigen terlarut (dan produk buangan) yang diangkut ke dan dari aliran darah. Ini adalah media zalir, karenanya, penting bagi semua zat untuk diangkut dalam bentuk terlarut.

6 komentar: