Sabtu, 10 Oktober 2015

soal - soal biologi

1.    Apakah fungsi mitokondria?
Jawab : Menghasilkan energi kimia dari gula
Penjelasan : Mitokondria, melalui tiga tahap proses, memecah gula untuk membentuk senyawa penyimpan energi ATP Respirasi selular berlangsung di dalam matriks dan sepanjang membran krista pada mitokondria, di mana terdapat enzim berkonsentrasi tinggi untuk memfasilitasi proses. Respirasi selular adalah proses yang mengubah ATP (adenosina trifosfat) menjadi glukosa. ATP adalah senyawa penyimpan energi yang mirip dengan DNA karena mengandung nukleotida adenina yang terikat ke gula ribosa yang pada akhirnya, terikat pada tiga kelompok fosfat. Ketika ikatan  kovalen  antara kelompok fosfat ini putus, dilepaskan energi yang dapat digunakan sel sebagai tenaga untuk proses-proses biologi seperti sintesis protein.

2.    Manakah rumus yang menggambarkan seluruh reaksi yang berlangsung saat respirasi selular? Jawab : C6H1206 + 6O2 à 6CO2 + 6H2O + 3 ATP

3.    Disebut apakah tahapan awal pada proses respirasi selular?
Jawab : Glikosis
Penjelasan : Tahap awal respirasi selular adalah pemutusan glukosa, yang disebut dengan"glikosis".

4.    Berikut ini, organisme manakah yang tidak memiliki mitokondria? 
Jawab : Bakteri
Penjelasan : Meskipun sel-sel prokariotik seperti bakteria mengalami respirasi selular, proses itu berlangsung didalam sitoplasma dan sepanjang membran plasma, bukan di dalam mitokondria seperti pada sel-sel eurkariotik. 

5.    Manakah bukti yang tidak mendukung teori bahwa mitokondria awalnya adalah sel-sel bakteri independen? 
Jawab : Membran krista pada mitokondria berupa lipatan
Penjelasan : Lipatan-lipatan yang banyak pada membran krista memperbesar area permukaannya, menjadikannya lebih efektif dalam menghasilkan ATP. Respirasi selular berlangsung di membran plasma bakteri, yang bukan merupakan lipatan.

6.    Selain gula, molekul lain apakah yang dibutuhkan untuk respirasi selular?
Jawab : oksigen
Penjelasan : Respirasi selular membutuhkan oksigen sebagai akseptor elektron berenergi rendah.  ketika elektron berenergi lebih tinggi terikat ke oksigen, energi berlebihan dilepaskan, yang membantu menciptakan gradien pH berlanjut ke produksi ATP.

7.    Berikut ini, manakah jenis sel yang memiliki mitokondria terbanyak?
Jawab : Otot jantung
Penjelasan : Otot jantung membutuhkan ribuan mitokondria untuk menyediakan cukup ATP agar jantung terus memompa

8.    Berapa molekul ATP yang dihasilkan pada tahap transport elektron dalam respirasi selular? 
Jawab : 32
Penjelasan : 36 molekul ATP dihasilkan selama proses respirasi selular. Namun masing-masing tahap menghasilkan jumlah yang berbeda-beda. Saat glikolisis dihasilkan dua molekul ATP. Pada siklus asam sitrat, dihasilkan dua molekul ATP lainnya. Pada rantai transport elektron dihasilkan 32 molekul ATP.

9.    Bagaimana struktur mitokondria mendukung fungsinya dalam respirasi seluler?
Jawab : Krista membran yang berlipat
Penjelasan : Membran yang berlipat menambah luas permukaan, sehingga meningkatkan produksi ATP. 

10. Apakah hubungan alami antara sel-sel eurkariotik sederhana dan sel-sel mitokondria?
Jawab : Simbiotik

Penjelasan : Hubungan antara sel-sel eukariotik sederhana dan sel-sel mitokondria adalah simbiosis karena kedua organisme diuntungkan. Mitokondria terlindungi sedangkan sel-sel eukariotik menerima sumber energi.

8 komentar: