Sabtu, 10 Oktober 2015

soal biologi

1.    Apa fungsi dari vesikel yang mengandung lisosom dan di mana vesikel tersebut disintesis?
Jawab : Pencernaan; di dalam retikulum endoplasma kasar
Penjelasan : Lisosom adalah vesikel kecil, yang mengandung enzim pencernaan, yang berarti vesikel tersebut disintesis di dalam retikulum endoplasma kasar. Vesikel mengandung enzim intraseluler yang dibutuhkan untuk mencerna vakuola makanan.

2.    Apa fungsi vesikel sel?
Jawab : Transportasi
Penjelasan : Vesikel adalah organel yang sangat kecil. Fungsinya adalah untuk pengangkutan zat-zat ke seluruh sel  dan merupakan tempat penyimpanan molekul untuk metabolisme sel.

3.    Apa fungsi retikulum endoplasma halus?
Jawab : Sintesis lipid
Penjelasan : Retikulum endoplasma halus tidak memiliki ribosom. Merupakan tempat sintesis zat-zat yang diperlukan oleh sel itu sendiri. Lipid dibutuhkan untuk pembentukan membran sel. Pada beberapa sel khusus, seperti pada pasangan otot antagonis, lipid menyimpan zat-zat yang dibutuhkan sel (untuk otot-otot tersebut, ion-ion kalsium disimpan). Sitoplasma tidak disintesis dengan cara yang sama, dan seluruh respon lainnya berhubungan dengan sintesis protein.

4.    Apa fungsi dari retikulum endoplasma kasar?
Jawab : Sintesis protein
Penjelasan : Retikulum endoplasma kasar mengandung ribosom. Organel-organel kecil tersebut merupakan tempat sintesis protein yang dikodekan oleh DNA di dalam inti sel.

5.    Mengapa sel yang mensekresikan zat-zat cenderung memiliki badan Golgi yang lebih aktif?
Jawab : Sel mengandung lebih banyak zat-zat ekstraseluler
Penjelasan : Badan Golgi ada pada semua sel. Ingat bahwa Badan Golgi merupakan perpaduan dari vesikel-vesikel, yang berasal dari retikulum endoplasma kasar dan halus. Badan Golgi merupakan tempat terjadinya sintesis zat-zat, yang digunakan diluar sel, atau disekresikan. Badan Golgi di dalam sel, seperti yang terlibat dalam proses pencernaan, Badan Golgi mensekresikan enzim ke bagian saluran pencernaan yang benar. Dengan demikian, di dalam sel-sel yang terlibat dalam proses-proses tersebut Badan Golgi akan bekerja lebih aktif.

6.    Mengapa vesikel memiliki membran lipid?
Jawab : Proteksi
Penjelasan : Sitoplasma (sitosol) adalah, larutan berbasis air yang digunakan sebagai medium pengangkut zat untuk masuk dan keluar sel. Vesikel berguna untuk pengangkutan dan penyimpanan zat-zat. Membran diperlukan untuk menyimpan zat-zat yang dikandung vesikel yang tidak berhubungan dengan sitoplasma dengan cara yang sama seperti sel dan membran inti sel menjaga struktur sel.

7.    Jenis zat apa yang membentuk vesikel Golgi?
Jawab : Zat-zat ekstraseluler
Penjelasan : Badan Golgi mengumpulkan, menyimpan, memproses dan mengangkut molekul dari retikulum endoplasma. Badan Golgi terbentuk dari perpaduan dari vesikel yang berasal dari retikulum endoplasma kasar dan halus. Yang berarti Badan Golgi mengandung zat-zat interseluler dan intra seluler.

8.    Jenis zat apa yang disimpan dalam retikulum endoplasma halus?
Jawab : Zat-zat yang berperan dalam fungsi-fungsi khusus
Penjelasan : Retikulum endoplasma tidak mengandung ribosom dan memiliki fungsi yang berbeda dengan retikulum endoplasma kasar. Umumnya retikulum endoplasma halus berkaitan dengan sintesis zat-zat yang dibutuhkan untuk sistem kerja internal sel. Sel otot volunteer (antagonis) menyimpan ion-ion kalsium, yang digunakan pada saat kontraksi otot.

9.    Jelaskan mengapa retikulum endoplasma halus lebih kecil daripada retikulum endoplasma kasar.
Jawab : Protein adalah molekul yang kompleks dan bervariasi

Penjelasan : Ribosom adalah tempat terjadinya sintesis protein yang ada pada semua sel. Protein adalah molekul kompleks dan ada ribuan jenis protein yang dikodekan oleh DNA. Ribosom dalam retikulum endoplasma kasar menyediakan tempat terjadinya sintesis dengan cara yang teratur. Sintesis protein adalah proses yang berkelanjutan dan kompleks dan hanya terkadi atas instruksi khusus dari DNA. Retikulum endoplasma menyediakan matriks untuk memungkinkan terjadinya instruksi tersebut, sehingga retikulum endoplasma kasar berukuran lebih besar daripada retikulum endoplasma halus.

1 komentar: