Sabtu, 10 Oktober 2015

Sel Hewan, Tumbuhan, Virus

1.    Kloroplas memungkinkan tumbuhan untuk membuat makanan mereka sendiri. Sel hewan tidak memiliki kloroplas. Dapat kita katakan bahwa _____. 
Jawab :
Hewan harus memperoleh makanan dari sumber makanan dari luar
Penjelasan :
Tumbuhan adalah produsen, disebut juga autotrop. Mereka membuat makanan mereka sendiri melalui sebuah proses yang disebut fotosintesis. Fotosintesis adalah proses mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dan menyimpannya dalam bentuk gula. Tumbuhan hanya memerlukan energi cahaya, karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) untuk membuat gula. Proses fotosintesis terjadi di kloroplas di mana klorofil, zat hijau daun ditemukan. Hewan dan manusia mendapatkan energi dari tumbuhan dan hewan lain. Itulah alasan mengapa setiap hewan memiliki sistem pencernaan untuk mengambil energi dan nutrisi dari makanan yang mereka makan

2.    Apa yang akan terjadi jika sel hewan ditempatkan pada air distilasi?
Jawab :
Sel akan mengembang
Penjelasan :
Ketika sel berada dalam medium yang hipotonik relatif terhadap sel (yaitu dari medium di mana sel biasa mendapatkan air, terutama ketika medium mengandung yang secara osmotik berkonsentrasi rendah, misalnya air suling), sel cenderung membengkak.

Ketika sel berada dalam medium yang hipertonik relatif terhadap sel (yaitu medium di mana sel melepaskan air melalui osmosis, karena medium mengandung partikel artikel yang secara osmotik memiliki konsentrasi lebih tinggi), sel tidak kehilangan maupun mendapatkan air dalam jumlah yang cukup besar melalui osmosis.

3.    Virus merupakan asam nukleat yang terbungkus oleh lapisan protein, tetapi tidak ada virus yang tumbuh atau bereplikasi dengan sendirinya. Virus merupakan fragmen-fragmen DNA atau RNA, namun tidak keduanya, yang telah menempel pada genom bakteri atau eukariotik. Mereka memiliki kemampuan untuk mereplikasi di dalam sel. Mereka tidak hidup dan tidak dianggap sebagai makhluk hidup. Partikel virus mengandung enzim untuk _____. 
Jawab :
Replikasi asam nukleat mereka sendiri
Penjelasan :
Virus adalah partikel non-seluler, atau virion (lebih kecil dari bakteri), terdiri dari DNA atau RNA yang dilindungi oleh selaput protein atau kapsid. Beberapa virus bahkan berukuran lebih kecil daripada ribosom, dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop cahaya. Virus adalah parasit yang membutuhkan enzim dan sebagian besar sistem kerja sel inang untuk menerjemahkan materi genetik mereka dan membuat salinan dirinya sendiri.

4.    Penyakit yang disebabkan oleh virus sangat sulit diobati karena _____. 
Jwab :
Zat kimia yang digunakan untuk melemahkan virus juga membahayakan sel inang
Penjelasan :
Virus berkembang biak dan menginfeksi sel inang dengan sangat cepat, dan membutuhkan waktu yang lama untuk memberantas mereka menggunakan zat kimia. Pada proses tersebut, zat kimia juga membahayakan sel-sel inang.

5.    Untuk dapat menginfeksi hewan, virus harus _____. 
Jawab :
Melepaskan protein pelindung
Penjelasan :
Virus hewan dapat terbungkus dengan suatu lapisan atau protein yang sebagian atau seluruhnya didapatkan dari membran sel inang, yang kemudian mempermudah keluar masuknya virus dari tubuh inang. 
6.    Bakteri adalah organisme tertua dan terbanyak di bumi. Pertahanan hidup tergantung pada mereka, karena peranan mereka yang sangat penting baik dalam produktifitas maupun daur ualng zat-zat yang penting bagi seluruh makhluk hidup. Bakteri adalah satu-satunya organisme yang mampu mengikat nitrogen dari atmosfer. Yang manakah dari pernyataan berikut ini yang salah?
Jawab :
Bakteri sedikit banyak memiliki metabolisme yang berbeda dari eukariotik sehingga hanya dapat bertahan hidup pada kisaran habitat yang terbatas dengan kondisi tertentu
Penjelasan :
Pernyataan ini salah karena bakteri mampu bertahan hidup pada kondisi buruk atau lingkungan yang berat. Kemampuan adaptasi ini disebabkan oleh struktur pelindung, yaitu kapsul. Dalam hal temperatur, ada bakteri yang mampu bertahan hidup pada lingkungan dengan temperatur sangat tinggi--bakteri ini disebut termofil atau termoasidofil. Ada juga bakteri yang dapat hidup pada temperatur sangat rendah. Dari segi pH, ada bakteri acidophilic dan basophilic.

7.    Perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan adalah pada ....
Jawab :
Dinding sel
Penjelasan :
Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan adalah pada dinding sel. Tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak memilikinya. Dinding sel merupakan bagian terluar dari sel tumbuhan. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan memberikan bentuk sel.

8.    Organel adalah sebuah struktur di dalam sel yang menjalankan fungsi hidup sel. Yang bukan merupakan organel di dalam sel adalah?
Jawab :
Metabolit
Penjelasan :
Karena metabolisme merupakan proses yang berjalan secara bertahap yang melalui banyak perantara, istilah "perantara metabolisme" sering digunakan untuk menyebut proses-proses kimiawi sebagai jalur metabolisme. Perantara metabolisme disebut juga dengan metabolit, dan sisanya adalah struktur sel. 

Inti sel adalah pusat pengendalian sel dan mengandung kromosom yang utamanya terbentuk dari DNA dan protein, yang membawa informasi genetik. Ribosom adalah tempat terjadinya sintesis protein, sedangkan kloroplas adalah tempat terjadinya fotosintesis. Mitokondria adalah tempat terjadinya respirasi sel aerobik dan merupakan tempat sebagian besar ATP sel disintesis.

9.    Bakteri adalah organisme tertua dan terbanyak di bumi. Pertahanan hidup tergantung pada mereka, karena peranan mereka yang sangat penting baik dalam produktifitas maupun daur ualng zat-zat yang penting bagi seluruh makhluk hidup. Virus adalah partikel mikroskopis yang hidup di dalam sel. Dengan sendirinya, virus adalah partikel tak hidup yang tidak dapat bereproduksi. Namun di dalam sel hidup, virus dapat memperbanyak diri ratusan kali. Apa struktur hidup terkecil, yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia?
Jawab :
Virus
Penjelasan :
Bakteri dan virus menyebabkan berbagai penyakit pada manusia, orang sering dibuat bingung oleh kedua mikroba tersebut. Namun virus berbeda jauh dari bakteri. Dalam satu hal, keduanya berbeda jauh dari segi ukuran. Virus paling besar hanyalah sebesar bakteri terkecil. Virus 10 hingga 100 kali lebih kecil dari bakteri. Virus merupakan organisme intrseluler. Virus menguasai sel inang dan hidup di dalamnya.

10. Semua makhluk hidup terdiri dari sel-sel. Sel-sel dan organ-organ berbeda beradaptasi sesuai dengan peranan mereka masing-masing dalam proses hidup. Organel yang tidakmengandung molekul DNA? 
Jawab :
Ribosom
Penjelasan :
Molekul DNA dapat ditemukan pada berbagai organel sel pada sel eukariotik. Sel hewan memiliki dua (2) tempat di mana DNA dapat ditemukan. Inti sel mengandung paling banyak DNA and DNA ini disebut DNA kromosom. Dilindungi oleh lapisan ganda membran inti sel. Mitokondria, yang memiliki peran dalam degradasi oksidatif nutrisi molekul, juga mengandung DNA yang disebut DNA mitokondria. Selain dua yang telah disebutkan di atas, sel tumbuhan memiliki satu organel lagi yang mengandung DNA. Kloroplas mengandung DNA, yang disebut DNA kloroplas.


9 komentar: